Sejumlah Tokoh dan Pemuda Lamaholot di Jakarta Dukung Anton Doni di Pilkada Flotim 2024

redaksi - Senin, 13 Mei 2024 15:52
Sejumlah Tokoh dan Pemuda Lamaholot di Jakarta Dukung Anton Doni di Pilkada Flotim 2024Sejumlah tokoh dan pemuda Lamaholot di Jakarta (sumber: Istimewa)

JAKARTA (Floresku.com) -Sejumlah tokoh Lamaholot dan pemuda di Kota Jakarta menyatakan dukungan secara terbuka kepada Antonius Doni Dihen (ADD) untuk memimpin Flores Timur lima tahun ke depan melalui kontestasi Pilkada November 2024.

Anton Doni Dihen merupakan kader Partai NasDem dengan raihan tujuh kursi DPRD Flores Timur. Secara regulasi, partai NasDem besutan Surya Paloh itu bisa mengusung pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati.

Para tokoh Lamaholot dan pemuda di Jakarta berharap rekam jejak dan gagasan Anton Doni Dihen jadi prinsip dasar masyarakat memilih pemimpin Flores Timur, bukan soal dari mana calon pemimpin berasal.

Dukungan ini disampaikan dengan sejumlah alasan argumentatif dalam pertemuan di Jakarta, Minggu, 12 Mei 2024. Anton Doni Dihen dinilai memiliki rekam jejak yang bersih, berintegritas, dan konsisten dengan gagasan besar 'Lompatan Jauh Flores Timur'.

Tokoh Lamaholot asal Hinga, Pulau Adonara, Umar Ulina Lega, Senin, berharap agar relawan Anton Doni Dihen bergerak dari kampung ke kampung untuk memastikan masyarakat bisa menerima dan memilih politisi kawakan Flores Timur itu.

Pasalnya, jelas Umar, gagasan Lompatan Jauh Flores Timur mampu membawa semangat perubahan untuk Flores Timur yang lebih baik ke depan. Satu di antara gagasan tersebut, adalah peningkatan ekonomi masyarakat melalui intervensi pengetahuan dan teknologi pertanian berkelanjutan.

"Harapan besar untuk relawan agar terus bergerak dari kampung ke kampung untuk memastikan bahwa Anton Doni Dihen diterima baik oleh konstituen," kata Umar, Senin, 13 Mei 2024.

Tidak hanya itu, krisis air di Flores Timur menjadi lokus perhatian Anton Doni Dihen untuk menemukan titik terang lewat berbagai terobosan mengatasi masalah tersebut.

Tokoh Muda Lamaholot di Jakarta, Philipus Randu Weking, mengatakan Anton Doni Dihen merupakan sosok politisi yang tidak memiliki catatan negatif selama perjalanan karir politik.

Politisi seperti ini dianggap mampu membawa perubahan untuk Flores Timur, tanpa dibebani kesalahan-kesalahan masa lalu.

"Ini modal penting bagi masyarakat Flores Timur. ADD layak didukung. Kita berharap masyarakat lebih rasional dalam menentukan  pilihan," ucapnya.

Bupati Flores Timur periode 2011-2016, Yosep  Laga Doni Heri, mengaku optimis dengan duet Anton Doni Dihen dan Ignas Boli Uran (ADD-IBU) bisa memenangkan kontestasi Pilkada Flores Timur 2024-2029.

"Ada tiga hal penting yang harus dijalankan ADD yakni politik, kultur, dan spiritual. Paket ADD-Ignas Uran rasa-rasanya saya optimis akan menjadi pemimpin Flores Timur lima tahun ke depan. Saya akan membantu di wilayah Solor, mari kita bergerak bersama," ujarnya.

Tokoh Lamaholot, Zakarias Sabon Kleden, mengimbau masyarakat Flores Timur untuk tidak memilih pemimpin berdasarkan primordialisme.

Menurutnya, Anton Doni Dihen mampu menembus sekat-sekat primordialisme seperti pembagian peta politik Adonara, Solor dan Flores Timur daratan.

"Tidak ada pemilahan atau pemisahan. Bahwa saya Adonara, saya Solor, atau saya Larantuka. Kita adalah satu kesatuan keluarga besar Lamaholot. Oleh karena itu kita harus bersatu padu untuk bersama-sama memenangkan Ama Anton Doni Dihen sebagai Bupati Flores Timur periode 2024-2029," kata Zakarias mengajak masyarakat Flotim.

Koordinator Relawan Barisan ADD, Anton Hurung, memastikan kerja politik untuk memenangkan ADD-Ignas Uran mulai dilakukan dengan penyebaran baliho di 100 titik di Flores Timur dan dilanjutkan dengan deklarasi Relawan Barisan ADD.

"Saya berharap semua pihak bahu membahu untuk memastikan bahwa Barisan ADD akan memulai kerja politik ini dengan 100 baliho di 100 titik di Flotim. Selanjutnya kerja-kerja politik akan bergerak dan berjalan," ucapnya.

Tokoh muda Adonara di Jakarta, Hali Atagoran, memastikan bahwa Barisan ADD memang tidak punya banyak logistik, tetapi Barisan ADD akan berada di mana-mana di semua pelosok Flores Timur.

Ketua DPD Nasdem Kabupaten Flores Timur, Albert Olak Sinuor, mengatakan, Nasdem yang meraih perolehan tujuh kursi DPRD Kabupaten Flores Timur pada Pileg kali lalu, menjadi modal kuat bagi ADD menghadapi Pilkada 2024.

"Saya memiliki keyakinan besar karena sebelum Pileg sudah ada komunikasi dan semesta mengizinkan. Siapa sangka dengan segala keterbatasan yang ada, Nasdem mampu mendulang 7 kursi dan jalan sudah terbuka. Mari berjuang bersama-sama," kata Albert.

Anggota DPRD Kabupaten Flores Timur terpilih ini menegaskan bahwa Nasdem sudah sudah memantapkan langkah tujuh kursi untuk ADD. Oleh karena itu, pihaknya tidak lagi membuka pendaftaran balal calon Bupati Flores Timur kali ini.

"Oleh karenanya kami tidak membuka pendaftaran Bakal Calon. Mari kita semua bergerak secara bersama-sama untuk memenangkan ADD-IBU (Ignas Boli Uran)," pungkas Albert. (SP/Paul Pemulet). ***

RELATED NEWS