Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan Bagi Civitas SMKN 1 Ende, Julie Laiskodat: Kita Harus Bangga Pancasila Lahir di Ende.

MAR - Senin, 06 Juni 2022 16:05

ENDE (Floresku.com)  - Anggota DPR RI, Julie Sutrisno Laiskodat menggelar Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan bagi Civitas SMKN 1 Ende Kabupaten Ende Provinsi Nusa Tenggara Timur, Senin. 6 Juni 2022.

Hadir dalam acara sosialisasi tersebut  Wakil Bupati Ende, Erikos Emanuel Rede, Wakil Ketua DPRD Ende, Oktafianus Moa Mesi, ST, Tenaga Ahli Anggota DPR RI Berlyn Woda, Kepsek SMKN 1 Ende, Para Guru dan seluruh Civitas SMKN 1 Ende.

Sebagai Anggota DPR-RI dan juga merupakan Anggota MPR-RI,  Julie Sutrisno Laiskodat memiliki   tanggung jawab besar untuk mensosialisasikan 4 pilar kebangsaan, agar Bangsa Indonesia mampu berdiri kokoh dalam meraih kemajuan sesuai karakter kepribadian bangsa.

Melalui zoom meeting, Bunda Julie  menyampaikan apresiasi dan kebanggaannya terhadap masyarakat NTT umumnya serta masyarakat Flores khususnya yang sangat menghormati nilai nilai Pancasila sebagai pedoman hidup dan perilaku dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

"Pancasila lahir dari rahim kota Ende, atas dasar itulah sehingga Bapak Presiden RI, Joko Widodo berkenan hadir untuk melaksanakan upacara Kenegaraan Peringatan Harlah Pancasila 1 Juni 2022 di kota Ende", ujarnya.

Kita semua harus berbangga karena Ende adalah kota rahimnya Pancasila yang menjadi dasar dan ideologi negara.

"Tugas kita adalah menjaga dan merawat 4 pilar kebangsaan yaitu pancasila, UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Ketetapan MPR, serta NKRI dan Bhineka Tunggal Ika agar tetap berdiri kokoh di NKRI sampai kapanpun," tegasnya.

Wakil Bupati Ende, Erikos Emanuel Rede dalam sambutannya memberikan apresiasi yang sebesar - besarnya kepada Ibu Julie Sutrisno Laiskodat karena sudah beberapa kali melakukan sosialisasi 4 pilar kebangsaan ini di Kabupaten Ende.

"Sosialisasi ini sangat bermanfaat bagi seluruh masyarakat Kabupaten Ende, khususnya bagi siswa-siswi SMKN 1 Ende yang adalah generasi milenial penerus bangsa, untuk lebih memahami dan mengamalkan nilai nilai luhur pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara," tuturnya.

Sementara itu Kepala Sekolah SMKN 1 Ende, Albertus Jao Ndu, S. Pd saat diwawancarai media ini mengatakan sosialisasi 4 pilar Kebangsaan yaitu pancasila, UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Ketetapan MPR, serta NKRI dan Bhineka Tunggal Ika mempunyai tujuan agar memberikan pemahaman kehidupan berbangsa dan bernegara kepada seluruh siswa SMKN 1 Ende sebagai embrio utama.

"4 pilar Kebangsaan ini perlu digaungkan dan disosialisasikan di lembaga pendidikan agar para siswa yang menjadi kader milenial penerus bangsa mampu menjaga dan menghormati hakekat dari 4 pilar kebangsaan  yaitu Pancasila, UUD 1945, Ketetapan MPR, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika, " Ucapnya.

Lebih lanjut Albertus menegaskan bahwa sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan ini memiliki manfaat yang sangat fundamental bagi generasi milenial di dunia pendidikan seperti SMKN 1 Ende, sehingga kelak mereka mampu menjaga keutuhan Bangsa Indonesia dari pihak - pihak manapun yang mau merong - rong keberadaan pancasila, UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Ketetapan MPR, serta NKRI dan Bhineka Tunggal Ika

"Menjadikan perbedaan sebagai sebuah kekayaan bangsa adalah sebuah keniscayaan yang menghantar Bangsa Indonesia ini semakin kokoh, maju, dan Jaya", tandasnya.

Ia  menyebutkan ada dua sasaran  yang dapat diperoleh dari kegiatan sosialisasi 4 pilar Kebangsaan ini yakni : pertama, siswa disadarkan bahwa 4 Kebangsaan ini menjadi pilar yang utuh dan Final sebagai Bangsa Indonesia. 

Kedua, siswa disadarkan untuk mengamalkan nilai-nilai toleransi, saling menghargai, mengakui perbedaan sebagai sebuah kekayaan dalam rangka mempertahankan kebersamaan di dalam bingkai NKRI.

"Untuk itu Komitmen kami secara kelembagaan di SMKN 1 Ende ini yakni Pancasila yang menjadi dasar dan ideologi bangsa harus menjadi pegangan hidup seutuhnya dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila itu secara baik dan benar," imbuhnya. (Rian) ***
 

Editor: MAR

RELATED NEWS