Stefanus Gandi Institute dan Heribertus Erik San Bantu100 Sak Semen untuk Paroki Timung, Manggarai

redaksi - Sabtu, 16 April 2022 09:34
Stefanus Gandi Institute dan Heribertus Erik San Bantu100 Sak Semen untuk Paroki Timung, ManggaraiHeribertus Erik San bersama beberapa tokoh umat dan bantuan material bangunan (semen) di depan Gereja Paroki Timung. (sumber: Jivansi)

TIMUNG (Floresku.com) - Stefanus Gandi Institute (SGI) dan Heribertus Erik San memberi bantuan berupa 100 sak semen dan sejumlah pasir untuk mendukung pembangunan dan perluasan Aula Paroki Roh Kudus Timung dan  Kapela Stasi Hati Kudus Mendo.

Bantuan tersebut diterima langsung oleh Pastor Paroki Roh Kudus Timung: Romo Servulus Juanda, Pr,  bersama Dewan Pengurus Pastoral Paroki (DPP), Dewan Keuangan Paroki (DKP), para Ketua Stasi dan sejumlah umat, pada Kamis 14 April 2022.

Mewakili SGI, Bento Papur mengungkapkan bahwa bantuan dari  SGI diberikan dalam rangka membantu proses pembangunan rumah ibadah umat Katolik maupun umat Islam di NTT khususnya di Manggarai Raya. 

"Stefanus Gandi Institute menargetkan hingga tahun 2023 sebanyak 10.000 sak semen selesai didistribusikan. Hingga saat ini sudah banyak gereja dan masjid di Manggarai Raya telah kebagian misi kemanusiaan Stefanus Gandi Institute",  ungkap Koordinator SGI Wilayah Nusa Tenggara Timur ini.

Sementara itu, Heribertus Erik San, selaku Ketua Umum Lembaga Pusat Pengkajian Kebijakan Pembangunan Daerah (LPPKPD) Manggarai mengungkapkan bahwa sejak awal tahun 2022, SGI dan LSM-LPPKPD telah berkomitmen untuk bermitra bersama dalam memberikan bantuan berupa sak semen dan pasir.

"Sejak Januari 2022, LSM-LPPKPD dan SGI  telah bangun kerja sama untuk kegiatan karitatif di rumah-rumah ibadah dalam bentuk bantuan semen dan pasir serta bantuan lainnya", ungkap alumnus Pasca Sarjana Universitas Nasional Jakarta ini.

Lebih lanjut, Heribertus mengatakan bahwa sebelumnya, pada tahun 2020 LSM-LPPKPD juga telah bermitra dengan Pemerintah Daerah Manggarai dalam melakukan riset Program Sistem Pertanian Integrasi (SIMANTRI) dan hasilnya telah di bukukan dan menjadi rujukan Pemda Manggarai dalam upaya pengembangan pertanian hortikultura di Kabupaten Manggarai.

Selain itu LSM-LPPKPD juga gencar berikan bantuan masker dan alat medis selama masa pandemik Covid-19 ini.

"Juga pada tahun 2021 LSM-LPPKPD juga sudah beri bantuan bibit benih jahe merah sebanyak 320 Kg di beberapa Desa di Wilayah Manggarai Barat," ungkap Heribertus.

Romo Serluvus Juanda menyampaikan limpah terima kasih atas bantuan 100 sak semen dan pasir untuk Paroki Roh Kudus Timung.

"Saya selaku Pastor Paroki dan mewakili seluruh umat Paroki Roh Kudus Timung mengucapkan terima kasih atas uluran bantuan 100 Sak Semen dan Pasir dari Bapak Stefanus Gandi dan Bapak Heribertus Erik San untuk mendukung pembangunan paroki kami ini, " ungkap Romo Servulus.

Lebih lanjut, Romo Servulus mengatakan bahwa terkait bantuan yang ada tersebut akan digunakan untuk perluasan lingkungan Aula Paroki.

"Bantuan semen dan pasir ini akan kami gunakan untuk perluasan lantai bagian luar Aula Paroki. Demi kenyamanan umat saat ibadah, selanjutnya akan kami usahakan untuk pemasangan terop permanen di bagian luar aula ", terang Romo Servulus.

Pada bagian akhir pembicaraannya, Romo Servulus mengungkapkan, Paroki Roh Kudus Timung masih sangat membutuhkan uluran tangan kasih dari berbagai pihak untuk mendukung pembangunan Gereja dan Aula.

"Kami tetap mengharapkan bantuan dari berbagai pihak. Gedung Aula dan Gereja Paroki kami masih memiliki banyak kekurangan diantaranya 'seng' yang sudah rusak, fasilitas pendukung yang belum lengkap, dan kebutuhan lainnya. Untuk saat ini kami sangat mengharapkan bantuan dari para donatur guna membantu pembangunan Gereja dan Aula", tutup Romo Servulus.

Selain untuk Paroki Roh Kudus Timung,  SGI juga memberikan bantuan sejumlah sak semen dan pasir untuk  Stasi Hati Kudus Mendo yang mendapat bantuan beberapa Sak Semen dan Pasir. Bantuan tersebut diterima oleh Ketua Dewan Stasi Hati Kudus Mendo dan beberapa tokoh masyarakat. (Jivansi). ***

RELATED NEWS