Badai Siklon Seroja Terjang Tanaman Padi di Puluhan Hektare Sawah di Nagekeo

Selasa, 20 April 2021 21:20 WIB

Penulis:redaksi

sawah rusak
Ikuti Program AUTP, Sawah Petani Gagal Panen Akibat Banjir Dapat Klaim Asuransi

MBAY (Floresku.com) - Badai sikoln Seroja yang menerjang sejumlah daerah di wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur dua pekan lalu ternyata menimbulkan kerusakan  tanaman padi di puluhan hektare lahan sawah milik petani  yang berada di wilayah Kecamatan Aesesa dan Kecamatan Wolowae,  Kabupaten Nagekeo-Provinsi NTT. 

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Nagekeo, Olivia Monika Mogi, kepada media  di Kantor DPRD Nagekeo, Selasa (20/4)

Berdasarkan data yang dihimpun Dinas Pertanian Kabupaten Nagekeo diketahui sebanyak 30,48 hektare luas lahan sawah yang rusak akibat badai siklon tropis Seroja.

Kadis Pertanian Monika Mogi merincikan, ada dua lahan sawah milik petani yakni di kecamatan Wolowae seluas 14,60 lahan sawah dan di Kecamatan Aesesa seluas 15,88 lahan sawah.

Sementara itu, Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Nagekeo, Antonius Moti, pada hari yang sama saat mengatakan, pasca bencana badai siklon tropis Seroja itu pihak dinas teknis dalam hal ini Dinas Pertanian tidak hanya mendata saja, tetapi harus memberikan solusi baik itu jangka pendek maupun jangka panjang kepada masyarakat.

Misalkan, untuk jangka pendek pemerintah harus memberikan bantuan bagi  petani yang lahannya rusak diterjadi badai siklon Seroja. Misalnya, pemerintah dapat  memberikan bantuan sembako ataupun dalam bentuk lainnya, sehingga   bisa meringankan beban derita para petani tersebut. (RIRIN)