BINDA NTT Gelar Vaksinasi bagi Pelajar dan Masyarakat di Sikka

Minggu, 05 Desember 2021 19:45 WIB

Penulis:redaksi

vaksinasi33.jfif
Vaksinasi Covid-19 dosis pertama bagi warga masyarakat dan para pelajar di Kabupaten Sikka, pada Sabtu , 4 Desember 2021. (Mardat)

MAUMERE (Floresku.com)- Badan Intelijen Negara Daerah (BINDA) NTT, untuk pertama kalinya menggelar vaksinasi Covid-19 dosis pertama bagi warga masyarakat dan para pelajar di Kabupaten Sikka, pada Sabtu, 4 Desember 2021.

Bertempat di Puskesmas Waigete, vaksinasi tersebut diberikan kepada warga masyarakat Kecamatan Waigete dan juga para pelajar  di SMP PGRI 1 Egon.

Pantauan media ini, warga masyarakat terlihat sangat antusias mengantri demi mendapatkan vaksinasi jenis Pfizer itu.

Kegiatan vaksinasi ini, tidak terlepas dari kerja sama BINDA NTT dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Sikka. Yang mana sebelumnya, BINDA NTT juga sudah menyelenggarakan vaksinasi Covid-19 di beberapa daerah, seperti Kota Kupang, Kabupaten Kupang, Timor Tengah Utara (TTU), Timor Tengah Selatan (TTS), Belu, Malaka, dan Sumba Barat Daya (SBD).

Dipantara Wr selaku kapos bin sikka mengatakan, kegiatan yang dilakukan tersebut, merupakan bentuk dukungan terhadap Pemerintah RI dalam rangka mewujudkan percepatan Herd Immunity (kekebalan tubuh).

Lebih lanjut Kapos BIN Sikka menjelaskan bahwa, pihaknya menggelar vaksinasi di Kecamatan Waigete, sebab tingkat pencapaian vaksinasi di tempat tersebut belum mencapai angka 70 persen.

"Berdasarkan data vaksinasi Covid-19 dari Dinas Kesehatan Kabupaten Sikka pertanggal 30 November 2021 bahwa capaian vaksinasi dosis pertama untuk Kecamatan Waigete baru mencapai 29 dan 7 persen untuk dosis kedua. Sehingga untuk mendorong percepatan vaksinasi, maka kami menggelar kegiatan vaksinasi di tempat ini," paparnya.

Menurut dia, pihaknya menargetkan sebanyak 500 warga masyarakat dan para pelajar di Kecamatan Waigete yang akan mendapatkan vaksinasi Covid-19 dosis pertama ini. Selanjutnya, mereka akan kembali menerima vaksinasi dosis kedua pada tanggal 27 Desember 2021.

Dia menambahkan, BINDA NTT juga akan kembali menyelenggarakan vaksinasi bagi warga masyarakat Kecamatan Mapitara, pada Rabu, 8 Desember 2021. 

Sebab disana juga tingkat pencapaian vaksinasi belum memenuhi target yaitu, 36 persen dosis pertama dan baru 7 persen untuk dosis kedua.

"Jadi harapannya sebelum Natal dan Tahun Baru 2021, tingkat pencapaian vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Sikka mencapai 70 persen. Sementara untuk bulan Desember 2021 ini, BINDA NTT juga menyelenggarakan kegiatan vaksinasi di 21 Kota/Kabupaten di NTT," ungkapnya.

Kepala Puskesmas Waigete, Yohanes Eudes menuturkan, pelayanan vaksinasi yang diselenggarakan oleh BIN Daerah NTT di Kecamatan Waigete, menyasar warga masyarakat Desa Persiapan Egon Buluk dan juga pelajar SMP PGRI 1 Egon.

"Targetnya hari ini yaitu Egon Buluk, nanti selanjutnya desa yang lain lagi, karena kalau diumumkan secara bebas maka akan terjadi kerumumanan dan akan sangat sulit untuk diantisipasi," ujarnya.

Yohanes mengatakan bahwa, hingga saat ini, capaian vaksinasi Covid-19 di Kecamatan Waigete baru diatas 30 persen. Sehingga pihaknya berharap agar dengan adanya kegiatan vaksinasi yang diselenggarakan BIN Daerah NTT ini, dapat meningkatkan lagi capaian vaksinasi di daerah tersebut.

"Kami berharap yang akan mendapatkan vaksin hari ini bisa diatas 500 orang. Kami juga ucapakan terima kasih banyak untuk BINDA NTT atas dukungan vaksinasi ini. Bukan hari ini saja, tapi kami juga masih membutuhkan dukungan BIN untuk kegiatan pelayanan kedepannya nanti," pungkasnya. (Mardat). ***