Kabar Gembira, Bupati Sikka Launching Kapal Roro KM. Dharma Rucitra VII Route Maumere-Surabaya

Selasa, 11 Januari 2022 10:44 WIB

Penulis:redaksi

kapal255.jpg
Acara launching Kapal DLU Dharma Rucitra VII yang melayani rute Maumere-Surabaya, Senin, 10 Januari 2020. (Mardat)

MAUMERE (Floresku.com) - Kabar gembira untuk warga masyarakat Kabupaten Sikka dan sekitarnya. Bupati Sikka Fransiskus Roberto Diogo melakukan acara launching KM. Dharma Rucitra VII di Pelabuhan Lorens Say Mamuere, Senin, 10 Januari 2022.

Sebagaimanan diberitakan media ini sebelumnya,  Kapal Roro Dharma Rucitra VII milik PT. Dharma Lautan Utama mulai Senin, 10 Januari 2022  bersandar di Pelabuhan Lorens Say Maumere, dan siap melayani pelayaran rute Maumere-Suraya PP.

General Manager PT. Pelindo Bersatu Cabang Maumere, Erry Ardiyanto menyampaikan terima kasih kepada Pemda Sikka, KSOP Lorens Say Maumere dan juga PT. Pelindo sendiri atas kerja kerasnya sehingga Dermaga 4 Pelabuhan Lorens Say sudah mendapatkan ijin operasinya.

“Kita perlu berterima kasih karena adanya kolaborasi Pemda, KSOP dan pelindo sendiri yang mana, Puji Tuhan Alhamdullilah Dermaga 4 sudah keluar Ijin Operasinya dari Kemenhub atas kerja keras dari pihak KSOP dan Pelindo untuk mendapatkan ijin tersebut,” ungkap Erry Ardiyanto.

Menurutnya, hal ini merupakan dukungan awal terhadap kemajuan daerah sehingga dermaga tersebut bisa digunakan untuk kegiatan bongkar muat multipurpose baik Kapal Roro maupun Kapal Perintis, sehingga untuk meningkatkan ekonomi Sikka supaya lebih menggeliat dalam arti pilihan transportasi lebih mudah untuk menuju akses ke Surabaya.

Harga tiket Kapal Roro Dharma Rucitra VII rute Maumere-Surabaya 

Erry menerangkan bahwa  selain Kapal Peti Kemas, direncanakan bahwa Kapal Roro ini awalnya akan melayani Rute pelayaran Maumere-Surabaya dua minggu sekali. Namun jika dalam perjalanannya potensi muatannya semakin banyak maka akan frekuensinya akan ditingkatkan  seminggu sekali menyinggahi Pelabuhan Maumere saja.

Erry Ardiyanto melanjutkan kedatangan Kapal Roro Dharma Rucitra VII ini  membuktikan bahwa Maumere menjadi pusat perhatian dari para investor. 

“Kita perlu menyadari bahwa untuk mendatangkan kapal tersebut tentunya tidak mudah,” ujarnya.

Ia berharap dukungan penuh dari masyarakat agar bisa menggunakan kapal tersebut untuk kegiatan ekonomi, terutama mempermudah jangkauan akses menuju Surabaya.

Ia menambahkan, ongkos tarif pelayaran ini sangat murah. Warga Sikka dan sekitarnya bisa mendapatkannya  di kantor PT.Dharma Lautan Utama, Cababang Maumere dan di agen resmi Hotel Benggoan 2. (Mardat). ***