Menyambut Hardiknas, SMKN 1 Welak Gelar Perlombaan Tingkat Sekolah

Senin, 14 Maret 2022 19:23 WIB

Penulis:redaksi

Editor:redaksi

smk.jpg
Para siswa SMKN 1 Welak saat mengikuti perlombaan tingkat sekolah. (Tedy N.)

LABUAN BAJO (Floresku.com) - Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang jatuh setiap tanggal 02 Mei tinggal  dua bulan lagi akan diperingati. Menyambut Hardiknas itu, SMK Negeri 1 Welak, Kecamatan Welak, Kabupaten Manggarai Barat menggelarkan perlombaan di tingkat sekolah, Senin, 14 Maret 2022.

Kegiatan perlombaan itu sesuai arahan Dinas Pendidikan Provinsi melalui surat edaran tentang penyambutan Hardiknas.

Dalam surat edaran itu menyampaikan, seluruh Kepala Sekolah SMA dan SMK lingkup Provinsi NTT untuk ambil bagian dalam kegiatan Perlombaan di tingkat Provinsi.

Tahapannya, pada setiap Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) yang berada di setiap Kabupaten mengadakan Perlombaan di tingkat Kabupaten. Selanjutnya, yang meraih juara ditingkat Kabupaten akan dikirim untuk mengikuti perlombaan di tingkat Provinsi.

Menanggapi surat edaran Kepala Dinas tersebut, Kepala SMK Negeri 1 Welak, Siprianus Jemadi mulai mempersiapkan calon peserta lomba melalui seleksi di tingkat sekolah.

“Kegiatan perlombaan ini diselenggarakan dalam rangka menyambut Hardiknas. Kegiatan ini diselenggarakan juga ditingkat sekolah dalam rangka menyeleksi siswa yang akan dikirim untuk mengikuti perlombaan ditingkat MKKS Kabupaten”, kata Sipri.

Bidang yang dilombakan dalam Perlombaan di SMK Negeri 1 Welak sesuai dengan isi surat edaran Kepala Dinas.

"Bidang yang diperlombakan di tingkat SMKN 1 Welak merujuk pada surat edaran kepala Dinas Pendidikan Provinsi tentang Hadiknas, antara lain: Paduan Suara, Lomba menyanyi Solo, Debat Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, Karya Tulis Ilmiah, Baca Puisi, dan Gebyar SMK”, kata Sipri.

Sipri melanjutkan, kegiatan itu bertujuan untuk menyeleksi calon-calon siswa yang akan dikirim untuk mengikuti lomba ditingkat MKKS Kabupaten. Ia berharap dari perlombaan di tingkat sekolah, pihak sekolah memperoleh gambaran untuk menentukan siswa yang dianggap mampu untuk mengikuti lomba di tingkat MKKS Kabupaten maupun untuk tingkat Provinsi.

“Pengalaman-pengalaman sebelumnya, kami pilih begitu saja tanpa melalui seleksi seperti yang kami lakukan hari ini sehingga kurang maksimal hasilnya. Oleh sebab itu, barangkali dengan strategi baru ini, seperti yang kami lakukan hari ini, saya berharap siswa-siswa yang akan kami kirim nantinya memperoleh hasil yang paling tidak ya lebih baik dari sebelumnya. Syukur kalau Juara sampai di tingkat Provinsi”, katanya lagi.

Dalam kegiatan Perlombaan Hari Pertama di SMKN 1 Welak ini, turut hadir Koordinator Pengawas untuk Kabupaten Manggarai, Manggarai Timur, dan Manggarai Barat.

Koordinator Pengawas Kabupaten Mabar, Paulus Hansko menyampaikan bahwa kegiatan perlombaan di tingkat sekolah seperti yang dilakukan di SMKN 1 Welak adalah sesuatu hal yang baik untuk menentukan keahlian dan membina mental serta minat anak murid.

“Kegiatan perlombaan di SMK Negeri 1 Welak yang dimulai hari ini sangat baik ya, karena memang ada persiapan-persiapan. Ini memang wajib dibuat di tingkat sekolah. Tujuannya, untuk membina mental peserta didik, karakternya, sekaligus kita mau melihat minat dan bakatnya, karena pendidikan itu bukan semata-mata di dalam kelas saja", pungkasnya.

Paulus menjelaskan, dari sekian mata lomba, seperti lomba menyanyikan lagu Mars NTT dan tarian daerah, semuanya bertujuan agar para peserta didik saling mengenal Budaya daerahnya masing-masing.

Selain itu ada  lomba debat Bahasa Inggris. Hal ini sangat erat kaitannya dengan pengembangan pariwisata super Premium Labuan Bajo di mana peserta didik dilatih di tingkat sekolah agar bisa berbahasa Inggris sehingga bisa menyesuaikan diri dengan kemajuan industri Pariwisata.

SMK Negeri 1 Welak beralamat di Datak, Desa Golo Ronggot, Kecamatan Welak, Kabupaten Manggarai Barat. Sekolah ini mulai berdiri sejak Tahun 2005. SMK Negeri 1 Welak adalah Sekolah Kejuruan pertama di Kecamatan Welak. Sekolah ini mengelola dua Program Keahlian, yaitu Agribisnis Ternak Ruminansia (ATR)  dan Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura (ATPH).

Berdasarkan informasi dari kepala sekolah bahwa pihaknya sudah mengusulkan penambahan Program Keahlian  baru, yaitu Usaha Perjalanan Wisata (UPW)  dan Teknik Komputer serta Jaringan (TKJ). Karena itu, jika usulun itu diterima, maka dua program  baru tersebut bisa dijalankan pada Tahun Pelajaran yang akan datang. (Tedy N.) ***