Tim Asesor BAN - Sekolah/Madrasah, Gelar Visitasi Akreditasi SMP Maria Bunda Segala Bangsa, Maumere

Minggu, 02 April 2023 12:22 WIB

Penulis:redaksi

smb.jfif
Asesor S/M berforo bersama Kepsek dan para guru SMP Maria Bunda Segala Bangsa (Jumat 31/3). (Mardat)

MAUMERE (Floresku.com) - Tim asesor Badan Akreditasi Nasional Sekolah / Madrasah (BAN - S/M) Provinsi Nusa Tengara Timur melaksanankan Visitasi Akreditasi di SMP Maria Bunda Segala Bangsa, Jumat (31/3).

Tim Asessor yang ditugaskan untuk melaksanankan kegiatan tersebut terdiri dari dua orang yaitu Elidat Benyamin Suen M.Pd dan Fajeri Arkiang,S.Kom.I.,Msi. 

Kegiatan penilaian di SMP Maria Bunda Segala Bangsa berlangsung selama 2 hari yakni mulai tanggal 30-1 April 2023 dengan perhitungan 10 jam per hari.

Pada Saat diwawancarai media ini, Elidat Benyamin Suen mengatakan bahwa kegiatan kita hari ini adalah rangkaian kegiatan Akreditasi Sekolah / Madrasah. 

Kunjungan Tim Asessor Sekolah / Madrasah disebut juga Visitasi,” ujarnya

"Kami berkunjung bukan menilai tapi hanya mengkroscek, mencocokkan dan memverifikasi data data Sekolah yang telah di input.Melalui Sispena aplikasi penilaian akreditasi yang berbasis web.

Sumber data itu kami dapatkan melalui wawancara kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, pegawai, siswa serta orang tua murid,  Komite, perwakilan tokoh masyarakat.

Lanjutnya, untuk penggalian data maka Tim Asessor akan melakukan observasi kelas dan pengisian angket, observasi lingkungan/sarana dan prasarana sekolah, melihat Perputakaan, UKS, WC, Parkiran, dan lainnya

Tim Asessor juga memantau kegiatan PBM yang dilaksanankan oleh masing masing guru pada 2 kelas berbeda dengan du mata pelajaran Bahasa Inggris dan juga Matematika.

Kepala SMP Seminari Sta Maria Bunda Segala Bangsa Maumere, RD Agustinus Pitang  kepada media ini mengatakan, untuk prosesnya sudah mulai dari tahun lalu, di mana kami mendapat surat dari Badan Akreditasi  Nasional dimana masa akreditasi SMP sudah selesai. 

"Maka dari situ kami diminta untuk membuat surat pengajuan ReAkreditasi dan diterima, pihak sekolah juga di minta untuk mengisi Daftar Isian Akreditasi (DIA)", ujar RD Agustinus.

Lebih lanjut  RD Agustinus menjelaskan" Sebanyak 58 Dokumen yang kami lengkapi dan kami unggah dengan 35 item yang diukur dari mutu lulusan,mutu guru, lalu proses pembelajaran, manajemen sekolah, setelah di anggap layak divisitasi.

"Kami berusaha keras untuk pempersiapkan visitasi ini maka kami bentuklah tim Akreditasi dengan penanggung jawab saya sendiri selaku Kepala Sekolah", ujarnya.

Kegiatan ini begitu luar biasa,karena disatu sisi kami menjawab kebutuhan akreditasi tapu lebih penting bahwa fungsi akreditasi untuk menjamin mutu pendidikan untuk satu-satuan pendidikan,.

“Sehingga kami sangat bersyukur sekali dengan adanya kegiatan ini di saat sekolah kami terpilih menjadi sekolah penggerak,” ujarnya.

Ini juga moment-moment indah yang mana saya sendiri juga masih baru berkecimpung di dunia pendidikan karena menjadi bahan refleksi untuk saya dan guru-guru lainnya. Karena maju mundurnya sebuah lembaga pendidikan tergantung pada pada Managemennya.

“Saya sangat bersyukur sekali dengan adanya  visitasi akreditasi ini dikarenakan banyak masukan-masukan berharga untuk kami dilembaga ini agar kedepannya lebih baik dalam menjalankan tugas pendidikan,” ungkap RD Agustinus Pitang. (Mardat). ***