Banjir Rendam 101 Rumah Warga di Kelurahan Waioti, Kecamatan Alok Timur, Kabuapten Sikka

redaksi - Minggu, 21 November 2021 17:21
Banjir Rendam 101 Rumah Warga di Kelurahan Waioti, Kecamatan Alok Timur, Kabuapten SikkaBanjir rendam 101 rumah di Kelurahan Waioti, Kabupaten Sikka, NTT (sumber: Mardat)

MAUMERE  (Floresku.com) ā€“ Sebanyak 101 rumah di Kelurahan Waioti, Kecamatan Alok Timur, Kabupaten Sikka, terendam banjir akibat hujan dengan intensitas tinggi yang terjadi sejak Sabtu (20/11) malam hingga Minggu (21/11) pagi.

Selain 101 rumah yang terendam banjir, Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kabupaten Sikka yang terjun ke lokasi guna melakukan pemantauan, pendataan dan evakuasi, menemukan sebanyak 103 KK da 451 jiwa di wilayah pesisir Kelurahan Waioti, Kecamatan Alok Timur, terdampak banjir tersebut.

Selain merendam rumah warga, banjir dengan ketinggian mencapai lutut orang dewasa itu juga menyeret satu ekor hewan ternak milik warga.

BPBD Kabupaten Sikka langsung berkoordinasi dengan Dinas Sosial Kabupaten Sikka dan aparat ditingkat kecamatan maupun kelurahan terdampak untuk sama-sama melakukan penanganan di lokasi bencana.

Sekretaris BPBD Sikka, šššš¬š¤ššš„š¢š¬ ššššœšžš„š¢, juga berkoordinasi dengan Pastor Paroki Waioti, guna meminta tempat sebagai posko pengungsian penanganan banjir sebagai langka antisiapsi apabila terjadi hujan dengan itensitas tinggi maka warga segera mengungsi dan evakuasi mandiri di area paroki yang sudah di tentukan.
ADVERTISEMENT

selain itu, BPBD Sikka juga menurunkan 10 pšžš«š¬šØš§š¢š„ š“š‘š‚ ššššƒ dan dua unit mesin hisap guna mempercepat penyedotan genangan air tersebut.
Alhasil, kurang lebih dua jam genangan air mulai surut dan warga dapat beraktivitas kembali seperti biasa, operasi ini di pimpin lansung oleh Kelapa Seksi Kedaruratan BPBD Sikka, š˜š®š„šžš§š¬ š’š¢š¬š°ššš§š­šØ.

Pemerintah Daerah Sikka melalui ššššƒ š’š¢š¤š¤šš terus menghimbau masyarakat agar dapat mempersiapkan diri dengan pengetahuan tentang kesiapsiagaan sebagai langkah antisipasi terhadap adanya potensi bencana hidromeorologi yang dipicu faktor cuaca terlebih dalam mengantisipasi potensi bahaya fenomena La Nina yang terjadi saat 
ini.

Data yang di himpun oleh bpbd sikka secara keseluruhan rumah terendam banjir  di 4 kelurahan berjumlah  118 unit rumah warga dengan jumlah  120 š¤š¤ ( 528 š£š¢š°šš ).

ā€Œā€Œ
ā€Œā€Œ

RELATED NEWS