Bonifasius Jawa, Anggota Brimob Polda NTT Meninggal Saat Kontak Tembak di Intan Jaya, Yohanes Seran Selamat

Kamis, 23 November 2023 07:56 WIB

Penulis:redaksi

Editor:MAR

22-11-23-Jawa.jpg
Anggota Satuan Brimob Kepolisian Daerah (Polda) Nusa Tenggara Timur (NTT) Bharada Bonifasius Jawa yang meninggal saat terjadi kontak tembak antara Satgas Damai Cartenz dengan anggota KKB di Distrik Titigi, Kabupaten Intan Jaya, Papua Tengah, Rabu (22/11). Jawa adalah anggota Satgas Damai Cartenz 2023 yang tengah bertugas di Intan Jaya. Foto: Istimewa (Odiyaiwuu.com)

 

SUGAPA (Floresku.com) - Anggota Satuan Brimob Kepolisian Daerah (Polda) Nusa Tenggara Timur (NTT) Bharada Bonifasius Jawa, Rabu (22/11) gugur saat terjadi kontak tembak di Distrik Titigi, Kabupaten Intan Jaya, Papua Tengah.

Jawa, Brimob yang tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) Operasi Damai Cartenz 2023, meninggal setelah peluru anggota kelompok kriminal bersenjata (KKB) mengenai ketiak kanan korban lalu bersarang di tubuhnya.

Sedangkan rekan Jawa, Bharatu Rani Yohanes Seran, mengalami luka tembak di bagian kaki kiri namun nyawanya terselamatkan. Saat ini, kondisi Seran dikabarkan stabil. Kedua korban telah dievakuasi ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Mimika.

“Tadi (Rabu, 22/11) pagi kejadiannya. Anggota kami tertembak. Satu gugur dan satu luka tembak pada bagian kaki,” ujar Kepala Satgas Humas Operasi Damai Cartenz, AKBP Bayu Suseno melalui keterangan tertulis yang diperoleh Odiyaiwuu.com dari Sugapa, kota Kabupaten Intan Jaya, Papua Tengah.

Menurut Bayu, kontak tembak bermula saat tim gabungan Polres Intan Jaya dan Satgas Damai Cartenz hendak melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) atas sebuah tindak kejahatan di Distrik Titigi pada pukul 08.20 WIT.

“Setibanya di TKP, tim melakukan kegiatan olah TKP dan dilakukan pengamanan. Pada pukul 12.28 WIT, tim mendapatkan tembakan dari KKB Intan Jaya yang berujung kontak tembak. Terdapat korban jiwa maupun korban luka dari aparat keamanan,” kata Bayu.

Menurut Bayu, saat ini, pihaknya tengah mengejar para pelaku penembakan yang mengakibatkan dua anggota Satgas Damai Cartenz itu jadi korban. “Saat ini tim Satgas Damai Cartnez masih melakukan pengejaran terhadap kelompok KKB Intan Jaya,” katanya.

“Turut berduka cita atas meninggalnya Bharatu Bonifasius Jawa, personel Satgas Damai Cartenz 2023 Satbrimob Polda NTT. Meninggal dalam kontak tembak dengan KKB Intan Jaya. Semoga amal ibadah Almarhum diterima di sisi-Nya dan keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan,” ujar akun Facebook Humas Korps Brimob Polri, Rabu (22/11).

Sumber: Odiyaiwuu.com