Menyambut Pemilu 2024, Bawaslu Mabar Gelar Apel Siaga Pengawasan

Rabu, 15 Juni 2022 22:35 WIB

Penulis:redaksi

Editor:redaksi

apel.jpg
Ketua Bawaslu Mabar, Simeon S. Sofian saat Apel Siaga Pengawasan Pelaksanaan Pemilu 2024. (Tedy N)

LABUAN BAJO (Floreku.com) - Dalam rangka menyambut pemilu 2024 di mana tahapannya sudah dibuka, Badan Pengawasan Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Manggarai Barat (Mabar) menggelar apel siaga pengawasan pemilu di depan Kantor Bawaslu Mabar, Labuan Bajo, Selasa 14 Juni 2022.

Apel siaga pemilu itu dipimpin langsung oleh Ketua Bawaslu Mabar, Simeon S. Sofian. Dalam sambutannya, Simeon menyampaikan, tahapan Pemilu 2024 sudah dimulai. 

Hal ini telah diatur di dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 3 Tahun 2022 tentang  Jadwal dan Tahapan Penyelenggaraan Pemilu Tahun 2024.

Oleh karena itu, Sofian menyampaikan kepada seluruh rekana Bawaslu untuk menyiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan pelaksanaan pengawasan.

“Rekan-rekan sekalian diharapkan sudah menyiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan pelaksanaan pengawasan, terutama disiplin kerja dan pemahaman akan regulasi tentang tahapan Pemilu", kata Simeon S. Sofian.

Lebih lanjut, Sofian menyampaikan, tahapan Pemilu Tahun 2024 akan berlangsung selama 28 bulan, yaitu dari tanggal 14 Juni 2022 sampai 20 Oktober 2024. 

Oleh karena itu terdapat beberapa tahapan yang akan beririsan dengan tahapan Pilkada Serentak 2024.

Terhadap situasi itu, Sofian menegaskan bahwa untuk menyambut Pemilu 2024 dibutuhkan kesigapan dari sisi teknis dan administrasi dari seluruh perangkat kerja Bawaslu.

“Oleh karena itu, kesiapan teknis dan administratif dari jajaran Sekretariat dalam mendukung pelaksanaan tugas pengawasan lebih dimatangkan lagi", tegasnya.

Untuk diketahui, apel siaga Pengawasan Pemilu Tahun 2024 bukan hanya dilakukan oleh Bawaslu Mabar, tapi juga digelar secara serentak oleh Bawaslu seluruh tanah air. (Tedy N.) ***