National Geography Indonesia Sosialisasi 'Knowledge and Recruitment Training' di SMK St. Petrus Ende

Kamis, 10 Juni 2021 19:55 WIB

Penulis:redaksi

CLE 2.jpg
Cleopatra Lutsina ,Eksekutif Manager National Geography Indonesia di SMAK St Petrus Ende

ENDE (Floresku.com ) -  Sebagai upaya untuk memperkenalkan dan melestarikan keunikan budaya dan alam Indonesia, National Geography Indonesia Ende, mengadakan sosialisasi tentang “Knowledge and Recruitment Trainning “ di SMAK St. Petrus Ende.

Kegiatan sosialisasi dilaksanakan  di aula SMAK. St.Petrus Ende,  Kamis (9/6). Kegiatan yang berlangsung sehari  ini diikuti oleh seluruh peserta didik SMAK St.Petrus Ende.

Cleopatra Lutsina, selaku Eksekutif Manager National Geography Indonesia,  yang juga siswa SMAK St .Petrus Ende mengatakan bahwa sasaran  sosialisasi ini adalah peserta  didik SMP, SMA/SMK. Tujuannya adalah pertama, mengetahui tentang program National Geography Indonesia.

Kedua, untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dibidang pariwisata. Ketiga, mengenal dan turut melestarikan wisata alam dan budaya di Indonesia dan di daerah masing – masing. Keempat, untuk memulai usaha kecil dan menengah di kalangan pelajar di era digitalissi ini. Dan, kelima, malakukan rekrutment peserta didik di SMAK.St.Petrus Ende untuk bergabung di program National Geography Indonesia .

Kepada media ini, Cleopatra mengungkapkan bahwa ia tidak sendirian  dalam kegiatan kwowledge and recruitment training  ini.  “Kami dalam tim yang terdiri dari Tania Fanggidae, sebagai intership National Geography Indonesia di Kabupaten Ende, Eno Valentiono, sebagai event organiser, dan Tom Demu, sebagai fotografer,” jelasnya.

Materi yang diberikan dalam kegiatan sosialisasi ini  berupa pengembangan sumber daya manusia untuk menuju generasi emas tahun 2040. 

Cloepatra bersama timnya membagi pengalaman  kepada peserta didik SMAK St. Petrus Ende, tentang beberapa tahapan seleksi untuk bergabung bersama National Geography Indonesia, seleksinya sangat ketat. Salah satu syaratnya adalah kandidat harus bisa berkomunikasi dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, baik lisan maupun tulis.  Dia harus mampu membuat makalah dan dapat mempresentasikannya ke publik. Selain itu, dia harus   memiliki jiwa kewirausahaan. 

Sebagai intership National Geography Indonesia, Tania Fanggiade,  membagi pengalamannya kepada peserta di SMAK St.Petrus Ende. Ia mengungkapkan   bahwa sejak bergabung  dengan National Geography Indonesia pada  bulan April tahun 2020. Ia mendapat banyak relasi dari berbagai kalangan, termasuk pemerintah dan memperoleh keuntungan berupa  income yang  cukup untuk memenuhi kebutuhan sekolah dan kebutuhan sehari – hari sebagai pelajar.  Berkat National Geography Indonesia yang digelutinya sejak SMP, ia bisa membuka usaha berupa usaha kecil mikro dan menengah yang saat semakin diminati  oleh masyarakat di Kabupaten Ende. 

Melkianus Feo, S.Kom, salah satu guru TIK di SMAK St.Petrus Ende, yang turut serta  mendampingi peserta didik dalam kegiatan sosialisasi  mengungkapkan rasa bangga dengan kemampuan  Cleopatra Lutsisna, salah satu peserta didik di SMAK St. Petrus Ende, yang telah memberikan presentasi  dengan baik dan sangat  bermanfaat bagi siswa.

Cleoparta telah mampu mengaplikasikan  multi media berupa visual dan audio yang telah dipelajari di sekolah untuk  kegiatan Kwowledge and Recruitment National Geography Indonesia.  Melalui  kegiatan ini mereka mempromosikan wisata alam dan budaya serta meningkatakan  ekonomi kreatif di kalangan pelajar masa kini. Lebih dari itu, mereka memperoleh penghasilan juga.

Marianus Maku, S.Pd, pendamping kegiatan Knowledge and Recruitmen NGI di SMK St. Petrus Ende (Foto: Bob Sina)

 Sebagai pendamping kegiatan sosialisasi kegiatan ini, Marsianus Maku, S.Pd merasa turut berbangga. Bahkan, ia merasa turut memetik manfaat dari presentasi yang dibawakan oleh Cleopatra Lutsina, selaku eksekutif Manager  National Geography Indonesia.  Terutama presentasi Cleoparta tentang UMKM di kalangan pelajar, atau kaum melenial. 

Ia berharap pendidikan Kewirausahaan di sekolah perlu dipadukan dengan kegiatan yang dilakukan oleh National Geography Indonesia  sehingga pengetahuan tentang   pariwisata dan kewirausahaan berjalan seiring. Jadi,   perlu aksi nyata  yang ditunjukan oleh guru kepada peserta didik sebagai generasi mileneal untuk berwirausaha di era digitalisasi ini.

Kepada awak media ini yang menemuinya  di ruang kerjanya,  Kepala Sekolah SMAK St. Petrus Ende, Wilfridus A.Lolonrian, S.Ag.M.Th menyatakan rasa bangganya atas prestasi salah satu siswanya. Ia  mengapresiasi pencapaian yang telah diraih oleh Cleopatra Lutsina sebagai eksekutif managerNational Geography Indonesia.

 Kepada Cleoparta  Wilfridus berpesan untuk terus mempromosikan pariwisata alam dan budaya,  serta terus  menumbuhkan jiwa kewirausahaan di kalangan pelajar di Indonesia,  khususnya di Kabupaten Ende. 

“Saya berharap ada peserta didik dari SMAK St. Petrus Ende yang lolos dalam seleksi dan dapat bergabung bersama dalam kegiatan National Geography Indonesia   ini.  Karena tujuan pendidikan di SMAK St. Petrus Ende, adalah  meningkatkan kecerdasan  intelektual,  menumbuhkan  kepribadian dan akhlak mulia,  serta meningkatkan kertampilan untuk hidup mandiri, serta siap  untukmengikuti pendidikan tingkat lanjut. Singkat kata, para siswa SMK St Petrus  dididik untuk  mampu  menjadi garam dan terang di tengah dunia,” ujanya. (Bob Sina)