Keluarga Besar UPTD Puskesmas Timung Gelar Natal dan Tahun Baru Bersama

redaksi - Jumat, 07 Januari 2022 22:37
Keluarga Besar UPTD Puskesmas Timung Gelar Natal dan Tahun Baru BersamaMisa Natal dan Tahun Baru bersama keluarga besar UPTD Puskesmas Timung, Manggarai. (sumber: Jivansi)

RUTENG (Floresku.com) - Hari Raya Natal dan Tahun Baru boleh saja berlalu namun semangat dan suka cita natal mesti terus menyala, baik dalam hati dan juga karya maupun juga dalam kebersamaan sebagai insan beriman.

Suasana yang sama ini pula begitu nampak terlihat dalam diri dan kebersamaan seluruh keluarga besar UPTD Puskesmas Timung saat menggelar acara Natal dan Tahun Baru bersama, bertempat di halaman UPTD Puskesmas Timung, desa Golo Cador, Kecamatan Wae Ri'i, Kabupaten Manggarai pada Jumat 7 Januari 2021.

Di bawah tema "Dengan Semangat Natal, Tenaga Kesehatan Menjadi Saluran Berkat Bagi Sesama di Tengah Pandemi", seluruh keluarga besar dan staf kesehatan sewilayah kerja UPTD Puskesmas Timung terlihat begitu hikmat dan penuh semangat mengikuti seluruh rangkaian acara hingga usai dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Pantauan jurnalis media ini, acara Natal dan Tahun Baru bersama yang digelar oleh keluarga besar UPTD Puskesmas Timung tersebut dimulai dengan perayaan ekaristi yang dipimpin oleh RD Egidius Masri Pr dan diikuti oleh seluruh petugas kesehat Puskesmas Timung. Tidak hanya itu, acara ini juga dihadiri oleh unsur Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkompimcam) Kecamatan Wae Ri'i dan juga Bhabinkamtimnas Kecamatan Wae Ri'i.

RD Egidius Masri melakukan pemberkatan atas gedung UPTD  Puskesmas Timung (Foto: Jivansi)

RD Egidius Masri dalam khotbahnya mengatakan, setiap manusia, tidak terkecuali para petugas kesehatan adalah perpanjangan tangan kasih Tuhan untuk melindungi setiap jiwa yang ada di muka bumi ini dan diberi nafas oleh Tuhan.

"Karena itu, jasa kita sebagai petugas kesehatan sangatlah penting dan tidak bisa diganti. Dan kekuatan kita, kalau kita menggunakan kekuatan duniawi, kekuatan ilmu pengetahuan, kekuatan kedokteran, kekuatan teknologi tidaklah cukup. Dan semua kemampuan teknologi dan ilmu pengetahuan ataupun semua alat kecanggian duniawi, semuanya berasal dari satu sumber, yaitu Tuhan sendiri," ungkap RD Egidius.

Dikatakan RD Egidius lebih lanjut bahwa kita yakin pandemi Covid-19 ini akan berakhir. Dan kalaupun diperpanjang, Tuhan pasti akan memberi kita kekuatan untuk bisa mengatasinya.

"Tidak bisa kuasa Covid-19 membuat Tuhan bertekuk lutut di hadapannya. Yakinlah, Tuhan punya Kuasa. Dengan mengandalkan Tuhan dalam hidup dan karya, kita pun menjadi saluran berkat Tuhan bagi sesama di tengah situasi Covid-19. Karena itu, yakinlah bahwa kekuatan kita yang pertama dan utama adalah Tuhan sendiri," imbuh RD Egidius.

Mengakhiri khotbahnya, RD Egidius menyampaikan profisiat kepada keluarga besar UPTD Puskesmas Timung yang telah terlibat dalam memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19.

"Profisiat kepada seluruh keluarga besar UPTD Puskesmas Timung dan juga staf yang sejauh ini juga ikut terlibat dalam mengatasi dan memutuskan mata rantai Covid-19 di wilayah puskesmas ini. Dan kita bersyukur bahwa sampai saat ini tidak ada satu pun petugas kesehatan di Puskesmas Timung ini yang meninggal. Sungguh luar biasa," tutup RD Egidius.

Sementara itu, Eduardus Jarut selaku Kepala Puskesmas Timung dalam sambutannya usai perayaan ekaristi menyampaikan terima kasih kepada semua yang hadir, khususnya kepada RD Egidius Masri yang sudah menyempatkan diri untuk hadir merayakan misa di UPTD Puskesmas Timung.

"Terima kasih kepada kita semua yang sudah hadir, khususnya juga kepada RD Egidius yang sudah hadir untuk memimpin perayaan ekaristi dalam acara Natal dan Tahun Baru bersama keluarga besar dan juga staf sewilayah kerja UPTD Puskesmas Timung," ungkap Eduardus.

Lebih lanjut, Eduardus mengatakan, kegiatan Natal dan Gahun Baru bersama yang diadakan tersebut merupakan agenda rutin yang digelar oleh UPTD Puskesmas Timung setiap tahunnya. Meski demikian, lanjut Eduardus, dalam acara yang digelar kali ini agak sedikit berbeda karena memang acaranya disatukan juga dengan acara perpisahan dengan Bapa dan Ibu yang akan bertugas di tempat yang baru karena sudah dinyatakan lulus dalam seleksi Calon Pegawai Negri Sipil (CPNS).

Penyerahan bingkisan kado oleh kepala Puskesmas Timung (Foto: Jivansi)

"Untuk itu, sekali lagi saya sampaikan selamat dan profisiat kepada Bapa dan Ibu yang sudah lulus tes CPNS," imbuh Eduardus.

Lebih jauh, Eduardus mengungkapkan rasa bangganya atas keberhasilan yang boleh diraih oleh beberapa petugas kesehatan di Puskesmas Timung dalam mengikuti tes Calon Pegawai Negri Sipil (CPNS) yang digelar beberapa waktu lalu.

"Saya boleh berbangga, bersyukur dan berterima kasih karena dari 12 orang yang mengikuti tes CPNS beberapa waktu lalu, ada 10 orang yang dinyatakan lulus tes CPNS. Karena itu pula, dari sudut hati yang paling kecil, saya menyampaikan profisiat dan juga terima kasih untuk pengabdiannya selama ini karena saya tahu bahwa seluruh staf yang ada sini adalah orang-orang yang yang memiliki semangat kerja keras dan bertanggung jawab dengan tugas, khususnya dalam menjamin kesehatan masyarakat di wilayah kerja UPTD Puskesmas Timung. Akhirnya, saya menyampaikan terima kasih atas pengabdiannya dan selamat bekerja di tempat yang baru," pungkas Eduardus.

Untuk diketahui, dalam acara Natal dan Tahun Baru ini juga, RD Egidius menyempatkan diri untuk mereciki air berkat pada sejumlah fasilitas kesehatan yang ada di UPTD Puskesmas Timung. Tidak hanya itu, kegiatan ini juga diisi dengan penyerahan bingkisan kado kepad sejumlah petugas kesehatan yang sudah dinyatakan lolos tes CPNS dan akan bertugas di tempat kerja yang baru. (Jivansi). ***

RELATED NEWS