Meriahkan Dies Natalis ke-1, Prodi Peternakan Unika St Paulus Ruteng Gelar Aneka Lomba dan Rayakan Misa Kudus

redaksi - Kamis, 16 Juni 2022 21:22
Meriahkan Dies Natalis ke-1, Prodi Peternakan Unika St Paulus Ruteng Gelar Aneka Lomba dan Rayakan Misa Kudus (sumber: null)

RUTENG (Floresku.com)-Prodi peternakan Unika Santu Paulus Ruteng merayakan puncak acara Dies Natalis perdananya,  pada Sabtu, 11 Juni 2022 dengan mengangkat tema 'Lahir dan Berkembang Menjadi Program Studi yang Progresif, Kreatif dan Humanis.' 

Acara yang dilaksanakan secara luring di aula Missio Unika Santu Paulus Ruteng tersebut berjalan lancar dan meriah. 

Prodi Peternakan Unika St Paulus Ruteng resmi mendapatkan izin operasionalnya pada 10 Juni 2021. Pada Jumat, 10 Juni 2022, prodi tersebut menginjak usianya yang pertama.

Rangkaian kegiatan Dies Natalis ke-1 Prodi Peternakan Unika St Paulus Ruteng dilaksanakan sejak  28 Mei hingga 10 Juni 2022 yang diisi dengan berbagai kegiatan perlombaan mahasiswa di antaranya pertandingan badminton, bola kaki, bola voli, lomba design kandang, poster dan, video promosi prodi peternakan.

Acara puncak Dies Natalis pertama Prodi Peternakan dihadiri para dosen, tenaga pendidik, seluruh mahasiswa angkatan pertama Prodi Peternakan dan tamu undangan lainnya di lingkup Fakultas Pertanian dan Peternakan Unika St. Paulus Ruteng. 

Narcisme,Victimiseme dan Pesismisme: Perlu Dihindari

Acara diawali dengan perayaan Ekaristi yang dipersembahkan Pater David Jerubu, SVD.

Misa berlangsung hikmat dan meriah dengan diiringi koor dan tarian yang dibawakan mahasiswa. 

 Dalam kotbahnya Pater David memberi pesan agar dalam menjalani tugasnya, para dosen maupun mahasiswa hendaknya menghindari tiga sikap yang menjadi musuh gereja yaitu sikap narsisisme (merasa diri paling hebat dan tidak menganggap orang lain), victimisme (sikap yang suka mengeluh) dan pesimisme (mudah putus asa dan tidak pernah optimis).

"Saya mengajak mahasiswa mahasiswi dan para dosen prodi peternakan untuk selalu melawan sikap dan tindakan yang menggangu kehidupan negara dan bangsa Indonesia.  Narsisisme, sikap merasa paling hebat dan merendahkan orang lain; victimisme, sikap yang suka mengeluh dan pesimisme, sikap mudah putus asa adalah tiga sikap yang menjadi musuh dan harus di lawan gereja dan semua agama," cetus Pater David.

Kemeriahan acara puncak dies natalis ke-1 Prodi Peternakan juga tampak dari persembahan tari-tarian, lagu, teater monolog, puisi dan, stand up comedy yang dibawakan para mahasiswa.

Prodi Peternakan yang Progresif, Kreatif dan Humanis

Pada pembuka acara, Fabianus Gangkur selaku Sekretaris Dekan FPP Unika St Paulus Ruteng menyampaikan ucapan selamat dan rasa syukurnya atas pencapaian usia 1 tahun Prodi Peternakan.

"Saya sangat bangga dan selamat ulang tahun untuk prodi peternakan Unika. Dies natalis pertama prodi Peternakan juga menjadi momentum untuk mengatur bagaimana pergerakan Prodi Peternakan ke depannya agar sesuai dengan tema yang diusung yaitu bergerak menjadi prodi yang progresif, kreatif dan humanis," tegasnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Prodi Peternakan, Maria Tarsisia Luju menyampaikan ke-optimisannya yakni prodi Peternakan dapat berkembang ke arah yang lebih baik. Untuk mewujudkan harapan tersebut, dibutuhkan semangat, optimisme dan, sinergitas yang tinggi.

Ketua Panitia acara Dies Natalis ke-1 prodi Peternakan Unika, dr. Elizabet Yulia Nugraha mengucapkan terimakasih atas partisipasi dan kerja sama dari semua panitia untuk menyukseskan rangkaian kegiatan Dies Natalis mulai dari perlombaan sampai pada acara puncak.

"Saya atas nama panitia Dies Natalis ke-1 prodi peternakan Unika ucapkan terimakasih kepada Pater David yang telah memimpin missa syukur dies natalis ini. Terimakasih pula kepada panitia, petugas liturgi, mahasiswa mahasiswi prodi peternakan, para dosen dan kepro peternakan Unika dan semua pihak yang sudah membantu sukseskan dies natalis ke-1 prodi peternakan pada hari ini," ungkap dokter Yulia.

Pantauan media ini, acara puncak ditutup dengan pembacaan juara perlombaan dan pembagian hadiah serta door prize bagi mahasiswa yang kreatif dalam menuliskan ucapan selamat dan harapannya bagi prodi peternakan di usianya yang ke-1 tahun. (Filmon Hasrin). ***

Editor: redaksi

RELATED NEWS